Ummul Kitab di Nisfu Sya’ban


Malam Nisfu Sya’ban malam dimana di bukanya Umul Kitab oleh Allah. Allah melihat catatan kebaikan dan keburukan amal manusia selama setahun belakangan dan di evaluasi pada malam Nisfu Sya’ban, apakah manusia layak diberi kehidupan lagi atau kematian, layak mendapat rezeki, jodoh dan lain sebagainya, yang menentukan arah kehidupan manusia setahun kemudian.

Di Gorontalo perayaan atau pelaksanaan malam Nisfu Sya’ban di lakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang menggelar Majelis Zikir semalaman, ada yang melakukan sholat 100 raka’at baik secara jama’a atau sendiri. Ini di lakukan agar malam Nisfu Sya’ban tidak terlewati dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Ada dua riwayat sebagai sebab cenderungnya diperingati malam Nisfu Sya’ban, dari antara dua riwayat yang menerangkan tentang dua malam hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Dalam satu riwayat berpendapat bahwa memperingati dua malam hari raya dengan berjamaah adalah tidak disunnahkan, karena hal itu belum pernah dikerjakan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam dan para shahabatnya. Riwayat lain berpendapat bahwa malam tersebut disunnahkan, karena Abdurrahman bin Yazid bin Aswad pernah mengerjakannya, dan ia termasuk tabi’in, begitu pula tentang malam Nisfu Sya’ban, Nabi belum pernah mengerjakannya atau menetapkannya, termasuk juga para sahabat, itu hanya ketetapan dari golongan tabi’in ahli fiqih Syam.

Bagi Anda yang biasa melaksanakannya dan yang tidak melaksanakannya, semoga Allah mengampuni dosa-dosa Anda semua, amin.

4 Komentar to “Ummul Kitab di Nisfu Sya’ban”

  1. kebetulan memang bunda harus berada di rumah sakit saat nisfu sya’ban menemani paman yg akan operasi, jadi tidak pergi ke pengajian.
    terimakasih utk infonya yg bermanfaat ini,Mas Dahrun
    salam hangat utk keluarga
    salam

    • Aduh saya turut prihatin atas kondisi paman Bunda, semoga pasca operasi bisa sembuh sedia kala sehingga bisa beraktivitas seperti sediakala, amin. Salam hangat kembali buat keluarga, Bunda.

  2. Yang penting sudah ada niatan untuk melaksanakannya serta pada malam nisfu sya’ban tidak sia-sia waktunya pada hal-hal yang tidak berguna. Semoga kita semua bisa ketemu bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Amin.

  3. rencananya saya juga ikut berjamaah baca zikir dan surah yassin di mushalla, mas marada. sayangnya, ada undangan mendadak, sehingga ndak bisa ikut. semoga rahmat dan hidayah Allah senantiasa terlimpah kepada kita semua menjelang ramadhan tahun ini, amiiin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: