Jika Setan Keluar Di Senja Hari


Diriwayatkan dari Jabir RA. : Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “ketika malam turun, dekatkanlah anak-anak kalian kepadamu, karena waktu itu setan bertebaran. Sejam kemudian, kalian dapat melepaskan mereka; dan tutuplah pintu-pintu rumahmu dan sebutlah nama Allah, padamkanlah lampumu dan sebutlah nama Allah, tutuplah minumanmu dan sebutlah nama Allah, tutuplah juga bejanamu dan sebutlah nama Allah, sekalipun hanya dengan meletakkan sesuatu di atasnya”. [HR Bukhari]

Ketika senja menjelang malam/Maghrib pada saat itu situasi di ufuk barat awan nampak kemerah-merahan kata orang tua kami di Gorontalo saat itulah para setan mulai keluar untuk berkeliaran mencari mangsa. Kami di Gorontalo jika menjelang Maghrib anak-anak di larang keluar rumah, baru habis Isa boleh keluar rumah.

Sampai sekarang kenapa orang- orang tua dulu kami melarang anak-anak jika menjelang senja mendekati Maghrib untuk keluar rumah. Baru menemukan Hadits Nabi SAW baru saya mengetahui dampak negatifnya. Semoga bermanfaat buat kita. Mungkin bagi para pembaca blog ini ada tradisi di daerahnya punya kesamaan dengan daerah saya di Gorontalo, bisa sharing.

Saya  tunggu infonya dan terima kasih banyak.

8 Komentar to “Jika Setan Keluar Di Senja Hari”

  1. Di daerah saya juga kalau maghrib dilarang keluar rumah. Tapi saya tidak tau alasannya apa.

  2. di jakarta juga sama saja kok Mas, kalau waktu maghrib masuk, anak2 biasanya disuruh masuk ke rumah krn banyak syetan berkeliaran.
    salam

  3. di jawa juga sama, mas marada. situasi menjelang maghrib sering disebut wayah surup. konon banyak candhik ala-nya. anak2 tdk boleh keluar rumah, hmm … ternyata ada kesamaannya juga.

  4. Assalaamu’alaikum

    Subhanallah…. saya baru ketahuan tentang hal ini. Banyak perkara yang saya tidak tahu seperti apa yang dinyatakan hadis di atas. Yang saya tahu hanya jangan keluar waktu maghrib kerana ketika itu syaitan sedang berkeliaran. Selebihnya adalah ilmu baru bagi saya. Terima kasih ya mas Dahrun kerana sudah berbagi ilmu di atas.

    Oh ya… dengan senang hati saya mengetahui link laman saya sudah di tautkan ke blog Dahrun. Saya juga telah berbuat demikian di ruang Dunia Sahabatku di sini. Sila semak jika berkenan.:

    http://websitifatimah.wordpress.com/dunia-sahabatku/

    Salam ceria selalu dari saya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: