Sudahkah Anda Menunaikan Hak-Hak Istri?


Suami sebagai kepala keluarga harus menunaikan semua hak dan kewajibannya baik itu kepada istri , anak dan orang yang menjadi tanggungan di dalam rumahnya. Islam mengatur tata cara atau etika suami dalam menunaikan hak-hak istri. Semua itu telah tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabi SAW. Hah-hak istri yang harus di dapat dari suami yakni sebagai berikut:

1. Memperlakukannya dengan baik.
Surat An-Nisa ayat 19 yang artinya:
“Dan pergaulillah mereka (istri) dengan cara yang baik.”
Suami harus memberi istri makan, minum, pakaian dan mendidiknya bila mereka membangkang. Sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Hendaknya engkau memberi makan jika engkau makan, engkau memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajahnya, tidak menjelek-jelekkannya, dan tidak mendiamkannya kecuali di dalam rumah.

2. Mengajarkan persoalan-persoalan yang urgen dalam agama kepada istri jika belum mengetahuinya, atau mengizinkannya menghadiri forum-forum ilmiah untuk belajar di dalamnya, sebab kebutuhan untuk memperbaiki kualitas agama, dan menyucikan jiwanya itu tidak lebih sedikit dari kebutuhannya terhadap makanan, dan minuman yang wajib diberikan kepadanya. Firman Allah Ta’ala dalam surah At-Tahrim ayat 6 yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.”
Sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Ketahuilah, hendaklah kalian memperlakukan wanita-wanita dengan baik, karena mereka adalah ibarat tawanan-tawanan pada kalian”.
3. Mewajibkan istri melaksanakan ajaran-ajaran Islam beserta etika-etikanya, melarangnya buka aurat dan berhubungan bebas dengan laki-laki yang bukan muhrimnya, memberikan perlindungan yang memadai kepadanya dengan tidak mengizinkannya merusak akhlak atau agamanya, dan tidak membuka kesempatan baginya untuk menjadi wanita fasik terhadap perintah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya, atau berbuat dosa, sebab ia adalah penanggung jawab tentang istrinya dan perintahkan menjaganya, dan mengayominya. Firman Allah Ta’ala dalam surah An-Nisa ayat 34 yang artinya:
“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita.”
Sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Seorang suami adalah pemimpin di rumahnya, dan ia akan diminta pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya.”
4. Berlaku adil terhadap istrinya Ia berbuat adil terhadap mereka dalam makanan, minuman, pakaian, rumah, dan tidur di ranjang. Sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Orang terbaik dari kalian ialah orang yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku orang terbaik dari kalian terhadap keluarganya.”

5. Tidak membuka rahasia istrinya dan tidak membeberkan aibnya, sebab ia orang yang di beri kepercayaan terhadapnya, dituntut menjaga, dan melindunginya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di sisi Allah adalah suami yang menggauli istrinya, dan istrinya bergaul dengannya, kemudian ia membeberkan rahasia hubungan suami-istri tersebut.”
Menunaikan hak-hak istri akan menghidarkan istri dari berselingkuh juga lebih membahagiakannya dari pada harta berlimpah atau lainnya. Istri akan lebih setia dan telaten dalam merawat kita di kala dia lelah dari segala aktivitas rumah tangga.
Bahagiakanlah istri Anda!!!
Di ambil dari sumber Minhajul Muslim karya Abu Bakar Jabir Al-Jazairi.

4 Komentar to “Sudahkah Anda Menunaikan Hak-Hak Istri?”

  1. duh, bahagianya seorang istri yg suaminya mengethui dgn baik apa2 yg menjadi hak si istri.
    dan, sebiknya si istri juga tu dgn baik ttg hak2 suaminya.
    Semoga kita semua mempunyai keluarga yg sakinah dlm perlindungan Allah swt ,amin
    salam

  2. Selama ini saya juga dalam keseharian kurang memperhatikan istri saya, maka dalam hal ini saya sengaja mempostingnya di blog ini sebagai pembelajaran buat diri saya sendiri. Wa ‘alaikum salam.

  3. wow … artikel yang sangat mencerahkan nih, mas marada. terima kasih share infonya. semoga saya bisa menjaga amanah sebagai suami dan sekaligus ayah yang baik. salam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: